insurance car insurance
insurance companies
car insurance quotes
auto insurance
car insurance companies
insurance quotes
cheap car insurance
cheap insurance
auto insurance companies
auto insurance quotes
liability insurance
homeowners insurance
cheap auto insurance
the general insurance
motorcycle insurance
online insurance
cheap insurance quotes
car insurance rates
automobile insurance
sr22 insurance
the general car insurance
online auto insurance
really cheap auto insurance
cheap full coverage auto insurance
car insurance estimator
affordable car insurance
cheapest insurance
auto insurance quotes comparison
motorcycle insurance quote
cheap auto insurance quotes
affordable auto insurance
car insurance price comparison
purchase auto insurance online
low cost auto insurance
collector car insurance
instant auto insurance
travel insurance
short term health insurance
dental insurance plans
cheap renters insurance
senior life insurance
burial insurance
renters insurance
pet insurance
dental insurance
term life insurance quotes
medical insurance quotes
health insurance
medical insurance plans
dog insurance
whole life insurance
long term care insurance
private health insurance
boat insurance quote
commercial vehicle insurance
life insurance policy
best life insurance
medical insurance
home insurance
self employed health insurance
health insurance plans for family
life insurance
the general auto insurance
small business health insurance
life insurance companies
health insurance for children
usa insurance
annuity
commercial insurance
humana health insurance
farm insurance
mutual life insurance
disability insurance
new york life insurance
accident insurance
e insurance
high risk car insurance
best life insurance companies
nationwide car insurance
auto home insurance
geico insurance

Pembentukan Bayangan pada Mata Serangga

Serangga dalam bahasa latin disebut dengan Insectum yang artinya trpotong menjadi bagian-bagian yang disebut dengan serangga. Ukuran dari tubuh serangga sendiri bermacam-macam, dengan panjangnya 2-40 mm. Ada juga serangga dengan ukuran mikroskopis dan ada juga yang mempunyai ukuran panjang sampai 260mm, contohnya seperti Phobaeticus serratipes , tubuh serangga sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu kepala (kaput), dada (toraks), serta perut (abdomen).

Beberapa ciri hewan serangga antara lain tubuhnya dibedakan menjadi 3 yaitu kepala, dada dan juga perut. Alat mulutnya digunakan untuk menggigit, mengunyah, menghisap, dan menjilat. Bentuk kakinya berubah sesuai dengan fungsinya. Pada kepalanya terdapat satu pasang mata facet (majemuk), mata tunggal (occellus), dan satu pasang antena yang digunakan sebagai alat peraba Tempat hidupnya di darat dan air tawar

Alat pencernaannya terdiri dari mulut, kerongkongan, tembolok, lambung, usus, rectum, serta anus Pada bagian mulut terdiri dari rahang belakang (mandibular), rahang depan (maksila), serta bibir atas (labrum), dan bibir bawah (labium) Sistem pernapasannya dengan sistem trachea

Serangga

Serangga memililiki peran yang sangat besar bagi manusia tetapi ada juga yang bisa merugikan untuk manusia antara lain yaitu:

  1. Serangga yang menguntungkan Serangga yang sangat menguntungkan terutama dari golongan kupu-kupu dan juga lebah sangat bermanfaat sekali bagi petani karena bisa membantu dalam proses penyerbukan Bungan Serangga seperti lebah bisa menghasilkan madu. Di dalam bidang industri kupu-kupu, ulat sutera yang membuat kepompong bisa menghasilkan sutra.
  2. Serangga yang merugikan. Beberapa jenis serangga dapat merugikan manusia. Beberapa serangga dapat merusak tanaman yang dibudidayakan oleh manusia, contohnya belalang, dan ular. Serangga juga dapat merusak bahan bangunan contohnya kumbang kayu dan rayap. Selain itua ada beberapa jenis serangga yang bisa menularkan beberapa macam penyakit contohnya lalat, tikus, dan kecoak

Proses Penglihatan Pada Mata Serangga
Mata pada serangga memiliki struktur yang khas. Tidak seperti pada mata manusia yang disusun oleh sebuah lensa, mata serangga tersusun puluhan hingga ratusan lensa. Oleh karenanya mata serangga dikenal dengan istilah mata majemuk. Sebagian serangga bisa melihat pada jangkauan yang sangat lebar hingga 3600, hal ini karena seluruh bagian kepala terdapat susunan lensa. Di samping itu mata serangga juga mampu melihat gerakan yang sangat cepat sehingga ia mampu menghindar dari bahaya dan atau menangkap mangsa dengan lincah.

Masing-masing mata serangga tersebut disebut omatidium (jamak: omatidia). Masing-masing omatidium berfungsi sebagai reseptor penglihatan yang terpisah. Setiap omatidium terdiri atas beberapa bagian, di antaranya berikut ini. (1) Lensa, permukaan depan lensa merupakan satu faset mata majemuk. (2) Kerucut kristalin, yang tembus cahaya. (3) Sel-sel penglihatan, yang peka terhadap adanya cahaya. (4) Sel-sel yang mengandung pigmen, yang memisahkan omatidia dari omatidia di sekelilingnya..

Mata Serangga

Setiap omatidium akan menyumbangkan informasi penglihatan dari satu daerah objek yang dilihat serangga, dari arah yang berbeda-beda. Bagian omatidia yang lain akan memberikan sumbangan informasi penglihatan pada daerah lainnya. Gabungan dari gambar-gambar yang dihasilkan dari setiap omatidium merupakan bayangan mosaik, yang menyusun seluruh pandangan serangga.

Sebagai contoh, mata lalat rumah terdiri atas 6000 bentuk mata yang ditata dalam segi enam (omatidium). Setiap omatidium dihadapkan ke arah yang berbeda-beda, seperti ke depan, belakang, bawah, atas, dan ke setiap sisi, sehingga lalat dapat melihat ke mana-mana. Dengan demikian, lalat dapat mengindera dalam daerah penglihatan dari semua arah.

Pada setiap omatidium, terdapat delapan neuron sel saraf reseptor (penerima cahaya), sehingga secara keseluruhan terdapat sekitar 48.000 sel pengindera di dalam matanya. Dengan kelebihannya tersebut, mata lalat dapat memproses hingga seratus gambar per detik.

proses penglihatan capung, sifat bayangan yg dibentuk oleh mata serangga adl, proses mata tunggal pada serangga, bagian yang peka terhadap cahaya dan berfungsi menangkap cahaya pada mata serangga adalah, struktur mata serangga, mekanisme mata tunggal dan mata majemuk pada serangga, penglihatan pada serangga com, lensa mata serangga, Proses pembentukan bayan, proses pembentukan bayangan pada mata serangga