insurance car insurance
insurance companies
car insurance quotes
auto insurance
car insurance companies
insurance quotes
cheap car insurance
cheap insurance
auto insurance companies
auto insurance quotes
liability insurance
homeowners insurance
cheap auto insurance
the general insurance
motorcycle insurance
online insurance
cheap insurance quotes
car insurance rates
automobile insurance
sr22 insurance
the general car insurance
online auto insurance
really cheap auto insurance
cheap full coverage auto insurance
car insurance estimator
affordable car insurance
cheapest insurance
auto insurance quotes comparison
motorcycle insurance quote
cheap auto insurance quotes
affordable auto insurance
car insurance price comparison
purchase auto insurance online
low cost auto insurance
collector car insurance
instant auto insurance
travel insurance
short term health insurance
dental insurance plans
cheap renters insurance
senior life insurance
burial insurance
renters insurance
pet insurance
dental insurance
term life insurance quotes
medical insurance quotes
health insurance
medical insurance plans
dog insurance
whole life insurance
long term care insurance
private health insurance
boat insurance quote
commercial vehicle insurance
life insurance policy
best life insurance
medical insurance
home insurance
self employed health insurance
health insurance plans for family
life insurance
the general auto insurance
small business health insurance
life insurance companies
health insurance for children
usa insurance
annuity
commercial insurance
humana health insurance
farm insurance
mutual life insurance
disability insurance
new york life insurance
accident insurance
e insurance
high risk car insurance
best life insurance companies
nationwide car insurance
auto home insurance
geico insurance

Bentuk dan Usaha Pembelaan Negara

Setiap warga negara Indonesia memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan.

Bela Negara secara fisik adalah usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.

A. Ancaman-Ancaman Terhadap Bangsa Indonesia 
Bangsa Indonesia dalam mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia selalu mendapat ancaman-ancaman. Ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan yang dinilai membahayakan kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan negara dan bangsa Indonesia baik yang datangnya dari dalam negeri maupun luar negeri. Ancaman yang datang dari dalam negeri antara lain : Separatisme, Kemiskinan, kebodohan, korupsi, kejahatan, Sedangkan ancaman yang datang dari luar negeri dapat berupa invasi, pelanggaran wilayah, spionase, narkoba dan terorisme.

1. Ancaman dari Dalam Negeri
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Keanekaragarnan itu seharusnya dapat menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat untuk menangkal semua gangguan atau ancaman yang ingin memecah belah persatuan bangsa. Namun adakalanya perbedaan suku bangsa ini bisa menjadi sumber konflik yang dapat menyebabkan perpecahan, sehingga menjadi ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setiap usaha dan kegiatan dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa yang berasal dari dalam negeri baik yang diakibatkan oleh kurangnya kesadaran rakyat ataupun ketidakpedulian pemerinyah terhadap rakyatnya Adapun ancaman dari dalam negari diantaranya adalah

  • Separatisme adalah perbuatan memberontak atau penentangan terhadap kekuasaan yang sah untuk memisahkan diri dari Indonesia contohnya : Organisasi Papua Merdeka.
  • Kemiskinan merupakan keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan.
  • Kebodohan merupakan situasi di saat kurangnya pengetahuan dan kurangya tingkat pendidikan pendidikan yang layak sehingga masih banyak anak yang tidak sekolah maupun kurangnya perhatian pemerintah
  • Korupsi merupakan perbuatan melanggar hukum/menyalahgunakan wewenang yang bertujuan untuk memperkaya diri/orang lain sehingga merugikan negara

B. Ancaman dari Luar Negeri
Ancaman dari luar negeri pada saat ini yang paling perlu diwaspadai adalah ancaman nonmiliter. Dengan berakhirnya perang dingin maka ancaman militer semakin tidak menjadi perhatian. Namun tidak berarti ancaman militer tidak terjadi, seperti pelanggaran wilayah oleh pesawat atau kapal perang negara lain. Potensi ancaman dari luar lebih berbentuk ancaman nonmiliter yaitu ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, dan sosial budaya. Berikut ini beberapa ancaman terhadap keutuhan NKRI.

  • Invasi merupakan aksi militer dimana angkatan bersenjata suatu negara memasuki daerah yang dikuasai oleh suatu negara lain, dengan tujuan menguasai daerah tersebut atau mengubah pemerintahan yang berkuasa
  • Pelanggaran wilayah merupakan suatu tindakan memasuki wilayah tanpa izin, baik oleh pesawat terbang tempur maupun kapal-kapal perang
  • Terorisme merupakan Aksi teror bersenjata dilakukan oleh jaringan nasional maupun internasional yang terorganisir
  • Narkotika merupakan Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran/perubahan aktivitas mental dan perilaku.

B. Bentuk-Bentuk Usaha Bela Negara
Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam membela negara yang dilakukan oleh anggota TNI/POLRI sebagai komponen utama dan rakyat sebagai komponen pendukung. Bentuk-bentuk usaha pembelaan negara antara lain sebagai berikut :

1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Mata pelajaran PPKn merupakan salah satu bentuk usaha Negara dalam membina warganya agar lebih mencintai, menghargai, dan mampu menunjukkan sikap pembelaan Negara. Materi yang diajarkan dalam pelajaran PPKn ini berisi mengenai dasar-dasar Negara Indonesia, seperti fungsi pancasila dan juga peraturan perundang-undangan. Ada beberapa manfaat dari pembelajaran PKn yang berhubungan dengan pembelaan Negara, diantaranya adalah :

Pkn
  • Ketika seseorang mampu mengenal struktur negaranya, maka mereka akan mengenal negaranya lebih baik lagi
  • Dengan mengenal dasar-dasar falsafah pendirian dan pelaksanaagn pemerintahan negera republik Indonesia, maka hal ini akan membuat mereka menjadi lebih cinta dengan Negara Indonesia
  • Hal ini akan menimbulkan rasa kecintaan terhadap Negara yang tinggi, yang akan membuat warga Negara mau secara sukarela melakukan tindakan pembelaan terhadap Negara.

2. Belajar Sungguh-sungguh
Pelajar dapat berpartisipasi dalam pembelaan negara dengan belajar yang sungguh-sunguh demi bekal masa depan. Jika kita mau belajar dengan rajin dan sungguh – sungguh, kita bisa menjadi orang yang berilmu dan berpotensi menjadi orang yang berprestasi. Di masa mendatang akan berpotensi menjadi orang – orang yang bermanfaat untuk orang lain atau negara.

Belajar

Dengan ilmu yang dimiliki kita dapat berperan dalam usaha pembelaan negara, seperti sebagai seorang pemimpin negara , sebagai seorang pengusaha, sebagai ilmuwan cerdas, sebagai guru, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Anggota TNI/POLRI
Tugas pokok TNI/POLRI menjaga kedaulatan dan keutuhan negara serta menjaga ketertiban dan keamanan agar Indonesia bebas dari ancaman yang dapat  menggagu keutuhan negara Indonesia. Bergabung dengan anggota TNI anda akan dituntut untuk mencintai Indonesia, dan mau berjuang serta berkorban hingga titik darah penghabisan untuk membela Negara ini. Dengan bergabung dengan satuan Tentara Nasional Indonesia, maka banyak manfaat yang akan diperoleh, seperti :

TNI dan POLRI
  • Pembelaan terhadap Negara secara nyata, dengan mengangkat senjata
  • Menjadi lebih cinta, dan juga peduli terhadap Negara
  • Mampu berkomitmen dalam membela Negara
  • Selain mengabdi kepada Negara, anggota jga turut mengabdi dan mengayomi masyarakat, sehingga dapat menciptakan rasa aman dari serangan-serangan musuh

4. Pengabdian Sesuai Bidang Profesi
Semua warga negara dapat berpartisipasi dalam pembela negara dengan cara mengabdikan profesinya dengan baik dan ikhlas sesuai tugasnya masing-masing. Pengabdian profesi merupakan bentuk atau upaya dalam mengabdikan diri terhadap pembelaan Negara. Beberapa contoh pengabdian profesi sebagai upaya dalam melakukan pembelaan terhadap Negara :

Pengabdian
  • Tim SAR (Search and Rescue)
  • Pemadam Kebakaran (Fire Fighters)
  • Satuan pengamanan (Satpam)
  • Linmas (satuan perlindungan Masyarakat)
  • Dokter, Guru, Pengacara, Pilot dan lain-lain.
bentuk usaha dalam pembelaan nrgara oleh negara lain